Meme



Mengenal Meme
Assalamualaikum  bro , untuk pertama kalinya saya nulis di blog baru dan mau ngebahas apa itu Meme ( yang katanya di baca Mim ) tetap saja orang-orang  nyebutinnya Meme. Meme yang udah jadi viral dan tren hiburan  yang cukup populer di media social, meme bertebaran dimana-mana mulai dari facebook, Ig dan lainnya. Sebelum populer di Indonesia, Meme telah populer di luar negeri adapun situs populer luar negeri yang berisikan Meme seperti 9gag. Saya sendiri mulai mengenal meme dari situs 1cak yang merupakan situs meme Indonesia. Jadi sebenarnya apasih defenisi meme ?.
                Meme(baca : Mim) menurut wiipedia adalah : Neologi yang dikenal sebagai karakter dari budaya, yang termasu di dalamnya gagasan, perasaan, ataupun perilaku (tindakan). Berikut  merupakan contoh meme: gagasan, ide, teori, penerapan, kebiasaan, lagu, tarian dan suasana hati. Atau seserhananya : sebuah gambar yang berisi ekspresi, gagasan, perilaku, disertai tulisan(caption) yang mendukung.
 

Contoh  : one doesn’t simply walk into mordor meme
Sepotong sejarah asal-usul Meme : kata meme pertama kali dikenalkan oleh Dawkins melalui bukunya  The Selfish Gene pada tahun 1976. Istilah meme berasal dari bahasa yunani “mimeme” (sesuatu yang menyerupai/menirukan), dan terdengar serupa dengan gen(gene). Dawkins memakai istilah ini untuk medefenisikan lahirnya budaya dengan anggapan terjadinya merupakan bentuk dari replkator.
                Di Indonesia meme semakin populer dengan munculnya fanspage-fanspage meme di facebook seperti MCI(Meme Comic Indonesia) dan MRCI(Meme & Rage Comic Indonesia) yang sudah menjadi komunitas meme terbesar di Indonesia. Namun seiring semakin dikenalnya meme di Indonesia banyak muncul miss’ued meme yakni meme yang salah penggunaan dari bentuk penggunaan aslinya . contonya pada meme Guy, disebut juga “Really High Guy” atau lebih dikenal sebagai “Stanley Stoner” adalah bagian dari seri ‘advice animal’ yang berupa gambar seorang pria yang terkena efek marijuana.
Bermula dari seorang usher reddit yang memposting gambar seorang yang ekspresinya tidak beraturan itu, kemudian dieri caption oleh user lainnya


Penggunaan bisa kita lihat dari ekspresinya yang  ‘mabuk’, meme ini berisikan caption yang berupa kata-kata yang tidak beraturan, tidak tepat, jawaban asal, pertanyaan tidak masuk akal dan tidak berhubungan. Namun banyak yang salah mengartikan bahwa Stoner Stanley ini sebagai orang yang cenderung  ‘gila’ dan juga bukan sebatas ‘mabuk’ saja dan juga menambahkan wajahnya hanya sebatas ‘mabuk’ atau bahkan ‘gila’, meme ini harus mengindikasikan bahwa ia ‘mabuk’ dan tidak boleh dipakai sebagai ekspresi semata.
Selain kata meme kata  “Yimyam” juga cukup populer yang merupakan perubahan kata dari “meme”Meme->miymay/maymay->yimyam. Perubahan kata tersebut berasal dari luar dan kemudian diserap oleh orang-orang Indonesia sebagai istilah. Yimyam merujuk pada seseorang yang menggunakan emoticon “:v” dan juga kalimat yang diubah hurufnya menjadi V (vroh, vvibu, vuvur ayam dll)’. Meme itu bukan Cuma gambar yan diberi caption, dan siapa bilang meme itu harus lucu ? meme juga dapat berupa hinaan, sarkasme, bahkan. Semoga dengan tulisan ini memberi anda sedikit pemahaman tentang Meme.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUJAN...